Forwarding
Forwarding forwarded articles

Okt
13

Pertanyaan: Jika perusahaan di mana Anda bekerja adalah sebuah perusahaan pembuat SISIR, memberi tugas untuk menjual sisir pada para biksu di wihara (yang semua kepalanya gundul) — Bisakah anda melakukannya? Apa jawaban anda?

a) Tidak mungkin, itu mustahil
b) Gile
c) Aku akan sekali mencoba untuk melaksanakan instruksi bos saya
d) Baiklah, saya akan coba
e) Ya, saya pikir bisa menjualnya (5 buah, 10 buah, 50 buah atau lebih,sebutkanlah jumlahnya)

Pilih satu jawaban dan baca tulisan di bawah untuk melihat apakah Anda termasuk orang yang berjiwa sukses atau tidak.

Cerita: MENJUAL SISIR PADA BIKSU

Ada sebuah perusahaan “pembuat sisir” yang ingin mengembangkan bisnisnya, sehingga management ingin merekrut seorang sales manager yang baru.
Perusahaan itu memasang IKLAN pada surat kabar. Tiap hari banyak orang yang datang mengikuti wawancara yang diadakan …
jika ditotal jumlahnya hampir seratus orang hanya dalam beberapa hari.

Kini, perusahaan itu menghadapi masalah untuk menemukan calon yang tepat di posisi tersebut. Sehingga si pewawancara membuat sebuah tugas yang sangat sulit untuk setiap orang yang akan mengikuti wawancara terakhir.

Tugasnya adalah menjual sisir pada para biksu di wihara. Hanya ada 3 calon yang bertahan untuk mencoba tantangan di wawancara terakhir ini. (Mr. A, Mr. B, Mr. C)

Pimpinan pewawancara memberi tugas: “Sekarang saya ingin Anda bertiga menjual sisir dari kayu ini kepada para biksu di wihara. Anda semua hanya diberi waktu 10 hari dan harus kembali untuk memberikan laporan setelah itu.”

Setelah 10 hari, mereka memberikan laporan.

Pimpinan pewawancara bertanya kepada Mr. A: “Berapa banyak yang sudah Anda jual?”

Mr. A menjawab: “Hanya SATU.”

Si pewawancara bertanya lagi: “Bagaimana caranya Anda menjual?”

Mr. A menjawab: ” Para biksu di wihara itu marah-marah saat saya menunjukkan sisir kepada mereka. Tapi saat saya berjalan menuruni bukit, saya berjumpa dengan seorang biksu muda – dan dia membeli sisir itu untuk menggaruk kepalanya yang ketombean.”

Pimpinan pewawancara bertanya kepada Mr. B: “Berapa banyak yang sudah Anda jual?”

Mr. B menjawab: “SEPULUH buah. Saya pergi ke sebuah wihara dan memperhatikan banyak peziarah yang rambutnya acak-acakan karena angin kencang yang bertiup di luar wihara. Biksu di dalam wihara itu mendengar saran saya dan membeli 10 sisir untuk para peziarah agar mereka menunjukkan rasa hormat pada patung sang Buddha.”

Kemudian, Pimpinan pewawancara bertanya kepada Mr. C: “Bagaimana dengan Anda?”

Mr. C menjawab: “SERIBU buah!”

Si pewawancara dan dua orang pelamar yang lain terheran-heran.

Si pewawancara bertanya: “Bagaimana Anda bisa melakukan hal itu?”

Mr. C menjawab: “Saya pergi ke sebuah wihara terkenal. Setelah melakukan pengamatan beberapa hari, saya menemukan bahwa banyak turis yang datang berkunjung ke sana. Kemudian saya berkata pada biksu pimpinan wihara, ‘Sifu, saya melihat banyak peziarah yang datang ke sini. Jika sifu bisa memberi mereka sebuah cinderamata, maka itu akan lebih menggembirakan hati mereka.’ Saya bilang padanya bahwa saya punya banyak sisir dan memintanya untuk membubuhkan tanda tangan pada setiap sisir sebagai sebuah hadiah bagi para peziarah di wihara itu. Biksu pimpinan wihara itu sangat senang dan langsung memesan 1,000 buah sisir!”

MORAL DARI CERITA

Universitas Harvard telah melakukan riset, dengan hasil:

  1. 85% kesuksesan itu adalah karena SIKAP dan 15% adalah karena kemampuan.
  2. SIKAP itu lebih penting dari kepandaian, keahlian khusus dan keberuntungan.

Dengan kata lain, pengetahuan profesional hanya menyumbang 15% dari sebuah kesuksesan seseorang dan 85% adalah pemberdayaan diri, hubungan sosial dan adaptasi.

Kesuksesan dan kegagalan bergantung pada bagaimana sikap kita menghadapi masalah.

Dalai Lama biasa berkata : “Jika Anda hanya punya sebuah pelayaran yang lancar dalam hidup, maka Anda akan lemah.”

Lingkungan yang keras membantu untuk membentuk pribadi Anda, sehingga Anda memiliki nyali untuk menyelesaikan semua masalah.

Anda mungkin bertanya mengapa kita selalu berpegang teguh pada harapan. Ini karena harapan adalah hal yang membuat kita bisa terus melangkah dengan mantap, berdiri teguh – di mana pengharapan hanyalah sebuah awal.

Sedangkan segala sesuatu yang tidak diharapkan “…. adalah hal yang akan mengubah hidup kita.” Meredith Grey, Grey’s Anatomy – Season 3

Ingatlah, saat keadaan ekonomi baik, banyak orang jatuh bangkrut. Tapi saat keadaan ekonomi buruk, banyak jutawan baru baru yang bermunculan.

Jadi, dengan sepenuh hati terapkanlah SIKAP kerja yang benar 85%. Semoga sukses!

Iklan
Okt
12

[Judul subjek untuk artikel ini di inbox saya adalah “Swine flu is unstoppable”, tapi tampaknya terlalu provokatif dan bombastis… Gambar dapat di-klik untuk memperbesar. Mohon maaf jika gambarnya kurang jelas, ukuran gambar yang tiba di inbox saya memang seperti itu]


PENYEBARAN FLU BABI DI SELURUH DUNIA

  • Saking cepatnya menyebar, pada tanggal 6 Juli 2009, WHO akhirnya menghentikan monitoring jumlah orang yang terjangkit Flu Babi. Angka terakhir (19 Juli 2009), menyebutkan bahwa Flu Babi sudah menyebar di 160 negara, menjangkiti 137.215 orang dan mengakibatkan 800 orang meninggal. Walaupun persentase kematiannya relatif kecil,  tetapi yang mengkhawatirkan adalah kematian-kematian tersebut terjadi di negara-negara maju yang mempunyai sistem perawatan kesehatan yang relatif baik.
  • WHO sudah menyatakan bahwa Swine flue “Unstoppable” dan memasuki tahap 6 yaitu “Widespread Human Infection”.
  • Sebagai contoh Negara Inggris sudah kewalahan untuk menangani penyebaran Flu Babi. Semua penderita diwajibkan untuk tinggal di rumah saja, tidak dianjurkan ke Rumah Sakit dan masuk ke website penanganan pandemi Flu babi. Dalam 1 (satu) jam, website dikunjungi 9 juta orang. Website tersebut membantu analisa apakah seseorang menderita Flu Babi atau penyakit yang mirip lainnya seperti Meningitis. Lalu bila sudah bisa dikonfirmasi mengal ami indikasi terjangkiti penyakit Flu Babi, pada bagian akhir website tersebut akan memberikan nomer untuk pengambilan obat Flu babi. Saksikan videonya.

SITUASI DI INDONESIA

LANGKAH PENCEGAHAN

  • Cara mencegah penularan Flu Babi dilakukan melalui langkah-langkah “kebersihan diri” (personal Hygiene) dan meningkatkan ketahanan tubuh (makan makanan bernutrisi, minum banyak air dan cukup istirahat). Lihat poster dikiri dari WHO.
  • Salah satu pencegahan yang paling efektif adalah dengan mencuci tangan. Sampai-sampai WHO mengajarkan secara rinci metoda mencuci tangan yang terbaik. Lihat poster dikanan dari WHO juga
  • Beberapa negara sudah mulai menyuntikan vaksin. Tulisan tentang ini pernah saya tulis setahun yang lalu. Tapi saat ini nampaknya Indonesia sudah terlambat bila mau menyiapkan vaksin, karena semua negara-negara di dunia sudah berebut..

INDIKASI TERSERANG FLU BABI

Berikut ciri-ciri bila seseorang terserang Flu Babi :

  • Panas badan melebihi 38 C
  • Terasa lelah (Lethargy)
  • Tidak ada nafsu makan
  • Hidung mengalir
  • Merasa sakit tenggorokan bila menelan
  • Batuk
  • Otot-otot sakit
  • Sambungan tulang nyeri
  • Mual-mual dan ingin muntah
  • Diare

Bila mengalami gejala-gejala tersebut diatas, silahkan menghubungi 100 rumah sakit di Indonesia yang mampu untuk merawat penderita Flu Babi. Berikut daftar 100 rumah sakit resmi dari Depkes yang mampu untuk menangani Pandemi Flu Burung (kemudian Flu Babi). Namun di Jakarta hanya ada 3(tiga) Rumah Sakit yaitu :

    1. RSPI Dr Sulianti Saroso – Jl Baru Sunter Raya Permai Jakarta – 021…
    2. RSU Persahabatan – Jl Persahabatan Raya
    3. RSPAD Gatot Subroto – Jl Dr A Rachman Saleh No 24, Jakarta Pusat – 021-371008
Okt
12

Artikel ini tiba di inbox saya tanggal 8 Oktober 2009, belum sempat saya upload di sini ternyata sudah ada di blog teman saya. Langsung simak saja artikel tersebut di blog beliau, hehe… Mohon maaf, tidak sempat merapikan artikel dari inbox saya.

Sep
19

[Bahasanya Melayu]

Membunuh Kecoa dengan cara yang tidak bijak:
Memijak atau memukul kecoa dgn kasut atau suratkhabar atau penyapu.
Kecoa
betina ada ribuan telur halus dalam perutnya. Telur ini tidak pecah kerana sangat kuat. Ia akan bertaburan merata-rata tempat.. Jika dah terbuat jugak, pastikan tempat terbenyeknya kecoa itu dibersihkan dan di-lap betul-betul dgn air dan sabun.

Membunuh Kecoa dgn cara natural tanpa insecticide dan tanpa racun:
Sediakan bottle yang ada kepala semprot. Masukkan air yang telah dicampurkan dengan sabun mandi. Bila nampak aje kecoa, semprot ke atasnya. Lipas akan mati cepat sebab tidak dapat bernafas kerana ia bernafas dari kulit kepala sehingga ke kulit badan. Air dan sabun akan menutup lubang nafas mereka.
Dapatlah hemat uang sikit daripada dok memperkayakan pembuat Baygon dan Ridsect. Gunakan uang tu untuk bersedekah.

Memerangkap Kecoa dgn cara natural tanpa insecticide dan tanpa racun:

  • Sediakan botol kaca yang terbuka mulutnya seperti botol jam dan madu. Letakkan sedikit serbok kopi atau koko dalam botol.
  • Letak berhampiran dinding atau tempat yang biasa nampak Kecoa. Biasanya Kecoa boleh panjat masuk botol tapi tak dapat nak keluar. Bila dah terperangkap, semprot dgn air sabun.

Mengurangkan peluang Kecoa cari makan dan bertelur:
MENJAGA KEBERSIHAN ADALAH SEBAHAGIAN DARIPADA IMAN

  1. Jangan biarkan sampah sarap di rumah.
  2. Selalu cuci bilik/kamar air.
  3. Sinki rumah perlu sentiasa bersih, di dalam, di bawah dan sekelilingnya
  4. Buang baju buruk, kasut buruk, buku buruk dan kertas buruk. Kecoa suka makan kertas
  5. Seperti nasihat Nabi, makan perlu alas supaya makanan tidak bertaburan ke atas lantai.
  6. Seperti nasihat Nabi, makan biar beradab, iaitu sedang duduk. Kalau biar anak-anak makan nasi atau biskut atau cokelat merata-rata rumah sambil berjalan atau berlari atau berpindah-pindah, memanglah nak jemput kecoa, kuman, cacing dan macam-macam lagi.
  7. 2 atau 3 minggu sekali, angkat pakaian keluar dari almari dan bersihkan dgn vacuum. Juga buat yang sama di dalam laci-laci di rumah.
  8. Jangan biarkan pakaian kotor di belakang pintu atau sangkut di sana-sini. Terus masukkan dalam bakul standby utk basuh. kecoa seronok bau peluh.
  9. Jangan simpan pasu bunga palsu atau bunga betul dalam rumah.. Hiasi rumah tanpa kedua-dua ini.

Mengurangkan lebuhraya/highway/express way kecoa
Tutup retakan atau rekahan di dinding atau di lantai atau tingkap dgn silicon atau kapur.
Pastikan lubang saluran air kumbahan tertutup dgn grill yang rapat.
Begitu juga di ceiling.

Jika kecoa merangkak-rangkak dan berterbangan macam filem ngeri Omputih, maka terpaksalah menggunakan racun untuk mengurangkannya.
Buat racun buatan sendiri yang tidak sebahaya spray insecticide baygon, ridsect dan sebagainya. Namun racun buatan sendiri ini tetap berbahaya, maka jauhkan daripada kanak-kanak.
Bahan-bahan untuk racun buatan sendiri:

  • Satu bahagian serbuk borik acid
  • Dua bahagian tepung terigu
  • Satu bahagian koko
  1. Gaulkan dan letak di di dalam kotak kertas yang kecil. Jangan terhidu tau. Sebelum start process, ikat sapu tangan atau singlet kat muka supaya hidung tertutup.
  2. Letakkan di tempat-tempat gelap seperti bawah kabinet dapur dan belakang almari dan sebagainya.
  3. BASUH TANGAN ANDA !!!!!!!!
  4. Bahan-bahan ini menarik perhatian kecoa. kecoa makan dan suapkan pula pada anak-anaknya yang dok lepak dalam telur warna cokelat. Anak-anaknya akan mati dan tak sempat membesar dan membiak.

Semoga info ini membawa manfaat pada yang mempunyai masalah kecoa.

Sep
01

Dalam rangka menyambut International Year of Astronomy (IYA) tahun 2009 dan HUT LAPAN ke 46, Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa (Pusfatsainsa) LAPAN bekerjasama dengan The PROMINENCE ScopeHouse (Indonesia’s Primary Astronomical Equipment Source) akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Antariksa.


Persyaratan Peserta

1. Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia
2. Terbuka untuk siswa-siswi SLTA dan sederajat di Seluruh Indonesia
3. Karya tulis boleh bersifat perorangan atau beregu untuk mewakili sekolah
(max. 3 naskah per sekolah)
4. Karya tulis bersifat orisinil, non fiksi dan belum pernah/tidak akan dipublikasikan
selama proses seleksi oleh panitia berlangsung
5. Karya tulis yang terpilih menjadi hak milik LAPAN


Tema

1. Antisipasi Dampak Cuaca Antariksa pada Kehidupan di bumi
2. Sampah Antariksa
3. Manusia dan Alam Semesta
4. Pelajaran tentang Antariksa yang diinginkan di Sekolah


Ketentuan Karya Tulis

1. Terdiri dari 3000 – 4000 kata
2. Diketik dalam huruf Times New Romans 12, spasi 1,5, ukuran kertas A4
3. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar

Karya tulis dapat dikirimkan lewat pos dengan alamat :
HUMAS PUSFATSAINSA LAPAN
u.p. PANITIA LOMBA KARYA TULIS ANTARIKSA
JL. DR. DJUNDJUNAN NO. 133 BANDUNG 40173 JAWA BARAT

Atau lewat email dengan alamat :
matsa@bdg.lapan.go.id atau kti_sainsa@yahoo.com

Tanggal akhir penerimaan karyatulis : 9 November 2009
Pengumuman Hasil seleksi                 : 13 November 2009

Finalis yang terpilih akan dihubungi oleh panitia dan diundang untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya di depan juri pada tanggal 21 November 2009 di Kantor LAPAN Bandung, tempat acara berlangsung. Panitia akan mengganti biaya transportasi untuk 1 (satu) wakil penulis naskah finalis dan 1 (satu) pembimbing. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Humas Pusfatsainsa LAPAN: (022) 6012602 atau melalui email : matsa@bdg.lapan.go.id / kti_sainsa@yahoo.com, atau kunjungi http://www.dirgantara-lapan.or.id

GRAND PRIZE : 1 SET TELESKOP

Formulir pendaftaran dapat diunduh di link ini. Atau kunjungi www.dirgantara-lapan.or.id jika link tadi tidak berhasil.

Jul
08
Dalam surat Al Baqarah Ayat 257, Kartini menemukaan kata-kata yg amat menyentuh nuraninya ;
”  Orang-orang yg beriman dibimbing Allah dari gelap menuju cahaya ( Minadzdzulumaati Ilaan Nuur ) “.
lalu kenapa kita tak pernah mengetahui nya 🙂 ? simak artikel di bawah ini
———— ——— ——— ——— —
DOOR DUITERNIS
TOT LICHT
( Habis Gelap Terbitlah Terang )
Taken From : Permata, Bogor
Tinta Sejarah Belum Lagi kering menulis namanya, namun wanita-wanita negerinya sdh terbata-bata membaca cita-citanya. Tujuh tahun yg lalu namanya kembali mencuat ke permukaan setelah seorang sejarawan Indonesia mempermasalahkan gelar kepahlawanannya. Lepas dari kaitan itu kita tak perlu mempermasalahkan dia benar atau salah atau pantaskah ia mendapat gelar pahlawan atau tdk, yg pasti sejarah hrs diungkapkan baik dan buruknya & terserah kpd pendengar sejarah utk menilai dan berinterpretsi thd sejarah tsb.
Kartini tdk dapat diartikan lain kecuali sesuai dgn apa yg tersirat dlm kumpulan suratnya; “ DOOR DUISTERNIS TOT LICHT “, yg terlanjur diartikan oleh Armijn Pane sbg, ” Habis Gelap Terbitlah Terang “. Sedangkan Prof. Dr. Haryati Soebadio, Dirjen Kebudayaan Depdikbud, yg notabene cucu RA Kartini mengartikannya sbg ” dari Gelap Menuju Cahaya “, yg kalau kita lihat dalam Al Qur’an akan tertulis sbg, ” Minadzhdzhulumati Ilaan Nuur “. Ini merupakan inti ajaran Islam yg membawa manusia dari kegelapan menuju cahaya (iman).
Kartini ada dlm proses kegelapan menuju cahaya, tapi cahaya itu belum sempurna menyinari krn terhalang oleh usaha westernisasi . Kartini yg dikukung oleh adat dan dituntun oleh Barat telah mencoba meretas jalan menuju ke tempat yg terang. Dan apakah yg kita lakukan kini merupakan langkah-langkah maju ataukah surut ke belakang…?
KARTINI : “….IBU ADALAH SEKOLAH BAGI ANAK-ANAKNYA”
Berapa banyak dewasa ini jabatan dan kedudukan penting yg pada mulanya dipegang oleh kaum pria kini dipegang oleh kaum wanita. Berapa banyak pula jumlah pekerjaan yg dimasuki oleh kaum wanita sehingga banyak kaum pria yg hrs kehilangan pekerjaannya.
Seorang wanita sekalipun tdk bekerja maka ia tdk akan kehilangan nafkahnya, krn ia hidup dari tanggungan hidup suaminya. Tapi apa artinya jika seorang pria kehilangan pekerjaannya. .? Maka mulut yg ada dibelakangnya, yaitumulut istri dan anak-anaknya akan tetap menganga menanti kehadirannya, mengharapkan sesuatu yg dibawanya. Apa jadinya negeri ini jika kaum prianya menganggur ? Kalau bukan petaka, tentu paling tdk negeri ini menjadi ” Lembah Amazone “.
Padahal wanita lebih diperlukan sbg “sekolah” bagi anak-anaknya. Dan bukan sbg kuda beban atau ayam-ayam pengais yg tertatih-tatih dan tersuruk-suruk  menanggalkan pribadinya yg asli. Kartini tdk pernah mengimpikan wanita-wanita sesudah generasinya menjadi bebas tanpa kendali atau merebut hak lelaki hingga mengingkari fitrahnya.
SURAT KEPADA STELLA
(tertanggal 18 Agustus 1899)
” Sesungguhnya adat sopan santun kami orang Jawa amatlah rumit. Adikku hrs merangkak, bila hendak berlalu dihadapanku. kalau adikku duduk di kursi, saat aku lalu, hrslah ia turun duduk di tanah dengan menundukkan kepala sampai aku tak terlihat lagi. Mereka hanya boleh menegurku dgn bahasa kromo inggil. Tiap kalimat haruslah diakhiri dgn “sembah”. Berdiri bulu kuduk, bila kita berada dlm lingkungan keluarga Bumiputera yg ningrat. Bercakap-cakap dgn orang lain yg lebih tinggi derajatnya haruslah perlahan-lahan, jalannya langkah-langkah pendek-pendek, gerakannya lambat-lambat spt siput. Bila berjalan cepat dicaci orang, disebut sbg kuda liar. Peduli apa aku dgn segala tata cara itu…..Segala peraturan itu buatan manusia dan menyiksa diriku saja. Kamu tdk dapat membayangkan bagaimana rumitnya etiket keningratan di dunia Jawa itu….
Tapi sekarang mulai dgn aku, antara kami (kartini, Roekmini dan Kardinah) tdk ada tatacara itu lagi. Perasaan kami sendirilah yg akan menunjukkan atau menentukan sampai batas mana cara Liberal itu boleh dijalankan.
Bagi saya hanya ada dua macam keningratan, keningratan pikiran (fikroh), dan keningratan budi (akhlaq). Tdk ada manusia yg lebih gila dan bodoh menurut persepsi saya daripada melihat org membanggakan asal keturunannya. Apakah berarti sdh beramal sholeh org yg bergelar macam Graaf atau Baron..? Tidaklah dapat dimengerti oleh pikiranku yg picik ini,..”
Kita buka kembali beberapa cuplikan surat Kartini yg sedikit membuka siapa dan mau apa ia.
“…Orang kebanyakan meniru kebiasaan orang baik-baik, orang baik-baik itu meniru perbuatan orang yang lebih tinggi pula, dialah orang Eropa ” (kepada Stella, 25 Mei 1899)
” Aku mau meneruskan pendidikan ke Holland, karena Holland akan menyiapkan aku lebih baik untuk tugas besar yg telah aku pilih “. (kepada Ny Ovinksoer, 1900)
Sekarang kami merasakan badan kami lebih kokoh, segala sesuatu tampak lain sekarang. Sudah lama cahaya itu tumbuh dalam hati kami. Kami belum tahu waktu itu dan Ny Van Kol yg menyibak tabir yg tergantung dihadapan kami. Kami sangat berterimakasih kepadanya, “ (kepada Ny Ovinksoer, 12 Juli 1902)
Ny Van Kol banyak bercerita kepada kami tentang Yesus yg Tuan muliakan itu, tentang rasul-rasul Petrus dan Paulus, dan kami senang mendengar itu semua,” (kepada Dr Adriani, 5 Juli 1902)
” Malaikat yg baik beterbangan disekeliling saya dan Bapak yg ada dilangit membantu saya dlm perjuangan saya dengan bapakku yg ada di dunia ini,” (kepada Ny Ovink Soer, 12 Juli 1902)
Itulah beberapa surat yg Kartini layangkan kpd orang-orang yang menjadi “sahabat”nya, dan yg berkiblat kpd Kristen atau yg berusaha menggiringnya ke arah pemikiran Barat.
BERUSAHA MENJADI MUSLIMAH SEJATI
Kartini memiliki pengalaman yg tdk menyenangkan semasa belajar mengaji. Ibu guru mengajinya memarahi dia dan menyuruhnya keluar karena Kartini menanyakan makna ayat Al Qur’an yg dibacanya tadi.
Inilah suratnya kepada Stella tertanggal 6 November 1899 dan kepada Abendanon tertanggal 15 Agustus 1902 ;
” Mengenai agama Islam, Stella, aku hrs menceritakan apa. Agama Islam melarang umatnya mendiskusikannya dgn umat agama lain. Bagaimana aku dapat mencintai agamaku kalau aku tidak mengerti dan tdk boleh memahaminya.
Al Qur’an terlalu suci, tdk boleh diterjemahkan ke dlm bahasa apapun. Di sini tdk ada yg mengerti bahasa Arab. Orang-orang disini belajar membaca Al Qur’an tetapi tdk mengerti apa yg dibacanya. Kupikir, pekerjaan orang gilakah, orang diajar membaca tapi tdk mengerti apa yg dibacanya. Sama saja halnya spt engkau mengajar aku membaca buku berbahasa Inggris, aku hrs menghafal kata demi kata, tetapi tdk satupun kata yg kau jelaskan kepadaku apa artinya. Tidak jadi soleh pun tdk apa-apa asalkan jadi orang baik hati, bukankah begitu Stella..??
” Dan waktu itu aku tdk mau lagi melakukan hal-hal yg aku tdk mengerti sedikitpun. Aku tdk mau lagi melakukan hal-hal yg aku tdk tahu apa perlu dan manfaatnya. Aku tdk mau lagi membaca Al Qur’an, belajar menghafal perumpamaan- perumpamaan bahasa asing yg aku tdk mengerti apa artinya, dan jangan-jangan ustadz-ustadzahku pun tdk mengerti artinya. Katakanlah kepadaku apa artinya nanti aku akan mempelajari apa saja.
Aku berdosa. Kitab yang mulia itu terlalu suci sehingga kami tdk boleh mengerti artinya.”.
Sampai pada suatu ketika Kartini berkunjung ke rumah pamannya, seorang Bupati Demak. Saat itu sedang berlangsung pengajian bulan khusus utk anggota keluarga. Kartini ikut mendengarkan pengajian bersama Raden Ayu yg lain dari balik Khitab (tabir). Kartini tertarik kpd materi yg sedang diberikan, tafsir Al Fatihah, oleh Kyai Saleh Darat, ulama besar yg sering memberikan pengajian di beberapa kabupaten di sepanjang pesisir utara. Setelah selesai pengajian, KArtini mendesak pamannya agar bersedia untuk menemaninya utk menemui Kyai Saleh Darat.
Kyai perkenankan saya menanyakan sesuatu, bagaimanakah hukumnya apabila seseorang yg berilmu namun menyembunyikan ilmunya..?
Tertegun sang Kyai mendengar pertanyaan Kartini yg diajukan secara diplomatis. Kyai Saleh Darat paham betul akan maksud pertanyaan yg diajukan Kartini krn sebelumnya pernah terlintas dalam pikirannya. (Dialog ini dicatat oleh Ny. Fadillah Bc. Hk Cucu Kyai Saleh Darat)
Singkat cerita tergugahlah sang Kyai utk menterjemahkan Al Qur’an ke dlm bahasa Jawa. Dan ketika hari pernikahan Kartini tiba, Kyai Saleh Darat memberikan kepadanya terjemahan Al Qur’an juz pertama. Mulailah Kartini mempelajari Al Qur’an. Tapi sayang sebelum terjemahan itu rampung, Kyai Saleh Darat berpulang ke rahmatullah.
  Dalam surat Al Baqarah Ayat 257, Kartini menemukaan kata-kata yg amat menyentuh nuraninya ;
”  Orang-orang yg beriman dibimbing Allah dari gelap menuju cahaya ( MInadzdzulumaati Ilaan Nuur ) “.
Kartini amat terkesan dgn ayat ini, krn ia merasakan sendiri proses perubahan dirinya, dari pemikiran jahiliyah kpd pemikiran terbimbing oleh Nuur Ilahi. Dan sebelum wafatnya Kartini, dlm banyak suratnya mengulang kata-kata “ Dari gelap menuju cahaya “, yg ditulis dalam bahasa Belanda sbg ” Door Duisternis Toot Licht “.
Yang kemudian dijadikan kumpulan surat Kartini oleh Abendanon yg sama sekali tdk mengetahui bahwa kata-kata itu dikutip dari AlQur’an. Ditambah lagi diterjemahkan sebagai “Habis Gelap Terbitlah Terang” oleh Armijn Pane.
Setelah pengajian tsb terjadilah perubahan besar dalam diri Kartini. Kini ia mulai memahami Islam. Coba simak beberapa suratnya lagi ;
Sudah lewat masanya, tadinya mengira bhw masyarakat Eropa itu benar-benar satu-satunya yg paling baik tiada taranya, maafkan kami, tetapi apakah Ibu sendiri menganggap masyarakat Eropa itu sempurna..?? Dapatkah Ibu menyangkal bhw dibalik hal yg indah dlm masyarakat Ibu terdapat banyak hal yg sama sekali tdk patut dinamakan peradaban ?? “ (kepada Ny Abendanon, 27 October 1902)
Bagaimana pendapatmu tentang Zending, jika bermaksud berbuat baik kpd rakyat Jawa semata-mata atas dasar cinta kasih, bukan dalam rangka Kristenisasi. ……… ……bagi orang Islam, melepaskan kepercayaannya sendiri dan memeluk agama lain merupakan dosa yg sebesar-besarnya. …….pendek kata, boleh melakukan zending, tetapi janganlah meng-kristen- kan orang lain. Mungkinkah itu dilakukan ? ” (kepada E.C Abendanon, 31 january 1903)
Memang kumpulan surat-surat Kartini bukanlah kitab suci. Tapi kalau kita telaah kembali maka akan nampaklah apa cita-citanya yg luhur.
Sayang itu semua sudah mengalami banyak deviasi sejak diluncurkan dahulu, setelah berlalu tiga generasi konsep Kartini tentang emansipasi semakin hari semakin hari jauh meninggalkan makna pencetusnya. Sekarang dgn mengatasnamakan Kartini para feminis justru berjalan dibawah bayang-bayang alam pemikiran Barat, suatu hal yg malah ditentang oleh Kartini. Bagaimana tanggapanmu wahai para wanita..??
Feb
19

Saya mendapat email dari rekan yang menjadi Staff  Pengembangan IT PERTAMINA. Ia memberikan informasi mengenai bahaya lilin gel. Semoga bermanfaat. Hati-hati…. saya ingin membagi pengalaman dari email yang masuk ke saya tentang bahaya lilin GEL yang sekarang ini sering kita terima dari suvenir pernikahan. Lilin gel ada yang diisi di gelas dengan hiasan kerang-kerangan atau bunga-bungaan. Sebaiknya lilin seperti itu hanya untuk hiasan saja dan jangan dinyalakan sebab berbahaya bagi kita. Sepengetahuan saya bahwa saat ini lilin GEL telah banyak dijual secara murah dipasaran, terlihat sangat menarik untuk dipandang dan sangat cocok dijadikan hadiah…… tetapi ternyata memiliki resiko apabila dinyalakan.. …. Berikut ini beberapa kesaksian yang telah terjadi akibat Lilin Gel. Bekas Sekretaris saya dan keluarganya telah mengalami hal yang sangat mengerikan minggu yang lalu (awal Januari 2009), sehingga karenanya saya ingin mengingatkan anda, teman anda dan keluarga sekalian, Dimana ketika dia menyalakan lilin GEL di kamar mandinya …… ternyata lilin tersebut meledak dan mengakibatkan kebakaran terhadap seluruh rumah sehingga ia kehilangan segalanya. Kepala Pemadam Kebakaran setempat memberitahukan bahwa hal tersebut bukan merupakan kejadian yang pertama akibat Lilin Gel dinyalakan lalu meledak. Dia melanjutkan bahwa GEL telah menimbulkan gas yang seringkali meledak dan menimbulkan kebakaran atas ruangan sekitarnya, sebagaimana kejadian yang telah menimpanya. Api yang sangat panas telah melelehkan alarm detektor asap, sehingga kejadian tersebut tidak dapat diketahui sampai terjadinya ledakan di mana toiletnya terlempar keluar dan sudah terlambat untuk diatasi….. seluruh ruangan di tingkat atas telah tertelan api, dan asap serta air telah menghancurkan apa saja yang tidak dapat dirusak oleh api. Kami memiliki pengalaman serupa, di mana saya pernah menerima hadiah berupa lilin GEL dari Avon yang disimpan dalam gelas anggur berbentuk piala yang berupa GEL berwarna ungu dengan material gemerlap di dalam GEL nya, kami simpan lilin tersebut di atas meja rias di ruang tidur. Pada saat dinyalakan, GEL padat berubah menjadi cairan dan potongan-potongan material gemerlap berselaput GEL terlempar keluar dari gelas anggur berserakan di atas meja rias dan gorden/tirai. Sangat mengerikan untuk diceritakan dan tanpa banyak bicara saya padamkan apinya dan membuang sisa cairan GEL ke toilet. Tolong sampaikan berita ini kepada saudara-rekan- dll. Saya tidak ingin kejadian ini menimpa orang lain, Terima kasih dan berhati-hatilah.

(Ditulis oleh :  Str Spc.)

Dikirimkan oleh: Dr. Leo Marcelinus Handoko HP., SpKJ, MSc Psychiatrist & Consultant of Nerve Revitalization

Feb
19

Dapat dilihat di tautan ini.

PS: Tadinya saya hendak menyalin tulisan tersebut di sini tetapi ternyata kiriman dari milis tidak lengkap.

Feb
19

Jadwal yang disarankan untuk meminum dua liter air setiap hari :

30 menit sebelum makan pagi : 1 gelas
2,5 jam setelah makan pagi : 1 gelas
30 menit sebelum makan siang : 1 gelas
2,5 jam setelah makan siang : 1 gelas
30 menit sebelum makan malam : 2 gelas
2,5 jam setelah makan malam : 1 gelas
30 menit sebelum tidur : 1 gelas

Minum air sebelum makan memiliki dua kepentingan :
1. Akan mengurangi nafsu makan karena perut anda terasa penuh.
2. Memberikan manfaat positif bagi pencernaan anda.

Menghindari sikap negatif untuk hidup yang lebih sehat :
Perasaan-perasaan mematikan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.

Dampak-dampak dari perasaan-perasaan mematikan yang tidak pernah
terpikir oleh kita sebelumnya adalah :

KEMARAHAN, dapat menyebabkan :

-Rheumatoid arthritis
-Serangan jantung
-Penyakit jantung
-Gagal jantung
-Kanker
-Tekanan darah tinggi
-Stroke
-Tukak lambung

Dr. Robert Eliot, seorang ahli kardiologi ternama, menemukan bahwa ketika “para pereaksi panas” itu memendam perasaan-perasaan mereka, itu pada akhirnya berubah menjadi permusuhan dan kemarahan. Ketika itu terjadi, tekanan darah meningkat tajam, resiko serangan jantung dan stroke akan lebih tinggi. Maka, lepaskan kemarahan dan mintalah pengampunan, jangan menyimpan kemarahan sampai matahari terbenam.

KEBENCIAN dan IRI HATI, dapat menyebabkan :

-Tekanan darah tinggi
-Sakit kepala migran
-Penyakit jantung
-Tukak lambung
-Kanker.

Ketika seseorang mengalami kemarahan yang berlebihan, kekhawatiran dan stress yang diakibatkan oleh kebencian, tingkat adrenalinnya meningkat, tekanan darah juga meningkat dan dengan begitu jantung-khususnya serangan jantung- bertambah bagi mereka yang hidup dalam kemarahan.

Orang-orang itu menghadapi resiko penyakit jantung dua kali lebih tinggi  dibanding orang lain. Sebagai tambahan, ketika seseorang mengalami kekecewaan, kemarahan atau ketakutan saat makan, perasaan-perasaan negatif ini merangsang system saraf simpatiknya, yang pada gilirannya  menyebabkan berkurangnya pengeluaran enzim-enzim pancreas, yang menciptakan kesulitan dalam pencernaan makanan.

Ini menyebabkan perut kembung, adanya gas, sakit ulu hati, dan masalah pencernaan lainnya. Stress yang berlebihan yang disebabkan oleh perasaan-perasaan negatif cukup berbahaya karena itu meningkatkan tingkat kortisol kita, yang kemudian menekan system kekebalan tubuh kita. Ketika system kekebalan kita tertekan, sel kanker mulai terbentuk dan berkembang.

Kebencian dan iri hati merupakan perasaan-perasaan yang merusak.

KESOMBONGAN, dapat menyebabkan :

-Penyakit mental
-Stroke
-Serangan jantung
-Kematian

Menurut pandangan saya, perasaan yang paling mematikan adalah kesombongan.

Kerendahan hati dan ucapan syukur kepada Pencipta akan melindungi anda dari perasaan yang paling mematikan – kesombongan .

KETAKUTAN dan KEKHAWATIRAN (ANXIETY), dapat menyebabkan :

-Penyakit jantung
-Penyakit mental
-Kepanikan
-Depresi
-Serangan jantung
-Fobia.

Tubuh anda bisa menanggapi ketakutan dan kekhawatiran dengan memicu pelepasan hormon adrenalin secara berlebihan, yang menyebabkan percepatan denyut jantung, penigkatan ventilasi paru yang abnormal, telapak tangan berkeringat, dan meningkatnya kontraksi system pencernaan. Ketakutan dan kekhawatiran yang berkesinambungan dapat menyebabkan keadaan peningkatan ini terjadi terlalu lama, dan dapat menyebabkan kelelahan adrenalin, kelelahan, kegelisahan dan kepanikan, gejala sulit buang air besar dan sakit kepala karena ketegangan. Kelelahan fisik dan emosional dan kelemahan system kekebalan tubuh anda dapat terjadi, dan hasil akhirnya adalah penyakit.

DEPRESI, dapat menyebabkan :

-Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria memiliki kecenderungan untuk melepaskan kemarahan mereka, sementara wanita cenderung menyembunyikannya. Adalah benar bahwa kanker dapat menyerang semua orang, tetapi salah satu factor yang paling umum yang ditemukan para peneliti sebelum kanker menyerang adalah ‘kurangnya penyaluran emosi’. Ibu rumah tangga memiliki peluang 54% lebih besar terkena kanker dibanding populasi pada umumnya dan 157% lebih besar dibanding dengan para wanita yang bekerja di luar rumah.
Langkah-langkah untuk mengembangkan hati yang gembira untuk menghasilkan kesehatan yang baik dan jauh dari penyakit:

-Mengampuni
-Mengendalikan lidah
-Bersahabatlah dengan orang-orang yang positif
-Berilah makanan yang sehat ke dalam pikiran anda
-Kehidupan berohani yang akan mengubah kehidupan anda

Feb
16

1. The Cone Snail

cone-snail

Bentuknya memang indah…. dan sepintas sangat tidak berbahaya. TAPI jangan salah, dengan racun dari sengatnya ujung pangkal mulutnya, yang tajam itu) yang bisa ditembakkan seperti panah HARPOON, bisa mengirimmu ke alam baka hanya dalam waktu 4 MENIT. Death Express……Saking hebatnya, tembakan panahnya bisa menembus baju selam yang tebal sekalipun. Saraf-saraf akan menjadi malfungsi, korban akan jatuh dalam keadaan “beku” di mana tak ada otot yang bisa digerakkan. Saking dahsyatnya, racun binatang ini dikembangkan oleh CIA untuk senjata pelumpuh.

2. Poison Arrow Frog

poison-arrow-frog-01

Mereka adalah satu-satunya hewan yang dikenal bisa membunuh manusia hanya dengan “SENTUHAN”. Racunnya terletak bukan di taring atau lidahnya…tetapi di kelenjar kulitnya. Touch it and you will be dead….kodok-kodok ini bisa melompat setinggi 2 meter.

3. The Lazy Clown

lazy-clown

Hidup di hutan amazon, di selatan Brazil .. anggota binatang serangga “LONOMIA”, nama aslinya Taturana Tatarana. Binatang ini sejenis ulat pohon yang biasa kita liat tetapi berbeda dari ulat pohon kebanyakan. Duri-durinya yang berjumlah ratusan tersebut menyimpan jus-jus racun yang mematikan dan sudah memakan belasan korban tiap tahunnya. Racunnya adalah ANTICOAGULANT paling extreme yang pernah ada. ANTICOAGULANT bisa memecah belah dan menghancurkan susunan sel darah. Satu hal yang mengerikan ttg binatang ini…Anda tidak tahu secara pasti di mana dia merambat…. next thing you know is, that your blood will break down in a great agonizing of pain.

4. Beaked Sea Snake

beaked-sea-snake

Jika Anda pergi liburan di kepulauan India dan Asia, pantai-pantai daerah India atau di sekitar Teluk Persia, jangan heran jika melihat binatang sejenis ular bisa berada di laut lepas. Lebih bijaksana jika Anda menghindar dari binatang ini. Nama ilmiahnya Enhydrina Schistosa. Racun binatang ini terkenal akan kesadisannya. Seberapa sadis?? Hmm, coba bayangkan 1.5 Milligrams…sedikit kan?? Tapi jumlah racun segitu sudah lebih dari cukup untuk membuatmu “tidur bersama ikan-ikan di laut” untuk selamanya. Orang-orang Singapore dan Hongkong sering menjadikan ular ini sebagai lauk makan malam. 

5. Stone Fish

stone-fish

Binatang ini tidak seperti monster-monster kebanyakan yang suka bersembunyi, bersiap-siap saat mangsa mendekat dan menyergapnya. Cukup hanya terdiam tanpa kata dia sudah bisa membunuh mangsa-mangsanya.. duri-duri yang terletak hampir di semua bagian binatang ini bagaikan parade jarum racun HYPODERMIC. Setiap duri cukup untuk membunuh para penyelam dalam hitungan menit. TAPI…..yang mengerikan bukanlah kematiannya…melainkan detik-detik menjelang kematian. Karena dikatakan racun dari ikan ini sangat menyiksa hingga sang korban lebih baik mengamputasi bagian tubuh yang terkena racun tersebut daripada hidup sedetik pun dengan racun itu.

6. Box “coffin” Jellyfish

box-jellyfish

Chironex fleckeri adalah ubur-ubur berukuran kecil. Besarnya hanya 16 inch. Binatang unik ini mempunyai 24 pasang mata dan tentaclenya yang membawa ribuan dosis nematocysts. Jarum-jarum microscopisnya terangsang tidak hanya oleh keinginan “si empunya” tetapi juga oleh sentuhan lembut di kulit binatang ini. Eluslah binatang ini dan anda akan merasakan racun saraf (NEUROTOXIN) paling kuat yang pernah ada, FOR FREE!!! Sengatannya disebut juga “THE SEA WASP” yang di deskripsikan oleh ahli-ahli sebagai siksaan yang mengerikan. Ratusan bahkan ribuan sengatan akan dirasakan oleh korban2nya. Hingga bisa menimbulkan efek SHOCK yang mengerikan dan merobek kulitnya. Bayangkan ditusuk dengan ribuan jarum suntik yang berukuran kecil dan tipis dalam sekali waktu, kurang lebih itulah rasanya.

Hal yang mengerikan tentang binatang ini:
Racun dan sengatnya bisa membunuhmu bukan lagi dalam hitungan menit atau detik, tetapi murni dengan hitungan REFLEK.

FAKTA tentang ubur-ubur ini:

  • Tentacle beracunnya bisa disimpan untuk waktu yang cukup lama. Bahkan tentacle yang dikeringkan bisa diaktifkan bila terkena air.
  • Box Jellyfish sebenarnya bukan ubur-ubur, tetapi Cubozoans (binatang yang berbentuk kubus).
  • Bisa tumbuh sampai seukuran kepala manusia dewasa dan tentaclenya bisa tumbuh sampai 3 meter panjangnya.